05/08/08

Siaran Pers: Sudah Saatnya Pembaca Aktif

Dari sebuah komunitas bisa lahir berbagai rupa produk budaya: pentas kesenian, diskusi, atribut identitas, dan lain-lain. Bahkan komunitas-komunitas yang bermula bersifat maya –berangkat dari milis atau sebuah blog- bisa tumbuh menghasilkan berbagai kegiatan yang nyata.

Goodreads Indonesia adalah jaringan komunitas pembaca internasional yang memungkinkan orang tahu rak buku pribadi orang lain (yang telah, sedang, dan akan dibaca). Sekarang, Goodreads Indonesia mempunyai anggota mencapai 1.100 orang.

Selama setahun ini, sebagai komunitas pembaca, Goodreads Indonesia berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. Tidak hanya sebagai komunitas pembaca pasif, keberadaan Goodreads Indonesia diharapkan bisa menjadi jembatan antara pembaca, penulis, dan penerbit. Hal ini terwujud dalam berbagai program yang dirancang Goodreads Indonesia; ketemu sama penulis, baca buku bareng, nobar film based on book, atau napak tilas cerita buku sejarah. Seperti yang akan kita lakukan pada Minggu, 3 Agustus 2008 ini. Dengan menggandeng penerbit Hikmah, Sahabat Museum, dan penulis buku Rahasia Meede: Misteri Harta Karun VOC, E.S Ito, Goodreads Indonesia menggelar kegiatan Plesiran Toempoe Doeloe: Misteri Harta Karun VOC di Pulau Onrust?.

Kegiatan ini adalah kegiatan untuk menjelajahi setiap tempat yang menjadi setting dalam buku Rahasia Meede. Mulai dari Museum Fatahillah dan sekitarnya, Dasaad Musin Building, pelabuhan Sunda Kelapa, sampai ke Benteng VOC di pulau Onrust. Selain itu, Alwi Shahab yang menulis Betawi Queen of The East dan seorang sejarawan sekaligus penulis Makna Sosio-Historis Batu Nisan VOC di Pulau Onrust Lilie Suratminto juga menjadi narasumber melengkapi kegiatan ini.

Kegiatan ini lahir dan tumbuh dalam kesadaran akan sebuah hutang budaya. Yakni, bagaimana membangun budaya membaca yang solid dan mengakar, yang kukuh dan lestari. Walau kecil, semoga itu menjadi urun dalam cita-cita lama kita: mencerdaskan kehidupan bangsa.


Tentang Goodreads Indonesia: Membaca Bersama Itu Seru!
http://www.goodreads.com/group/show/345.Indonesia

* Jaringan komunitas pembaca internasional yang memungkinkan orang mengetahui rak buku pribadi orang lain; yang telah, sedang, atau akan dibaca.
* Anggota Goodreads Indonesia sudah mencapai 1.100 orang.
* Kegiatan yang rutin dilakukan:
1. Baca buku bareng
2. Nominasi buku terbaik setiap bulan
3. Nonton film bareng berdasarkan sebuah buku.
4. Tukar menukar buku (bookswap)

* Keuntungan bergabung dengan Goodreads Indonesia
1. Mengetahui berita terkini dari penerbit.
2. Sebagai referensi untuk membeli sebuah buku, karena bisa melihat review buku yang bersangkutan terlebih dahulu.
3. Bisa menulis review tentang sebuah buku dengan bebas.
4. Diskusi buku dari segala genre.
5. Menambah teman yang mempunyai hobi sama.

(end)

Tidak ada komentar :