01/02/10

Tahap II: 177 Kg Bantuan Buku dan Peralatan Sekolah Terkirim ke Padang!

Setelah November 2009 kemarin kita sukses mengirimkan 230 Kg bantuan buku lewat kegiatan 'Bangun Kembali dengan Buku', Goodreads Indonesia kembali mengirimkan bantuan tahap kedua.

Terima kasih banyak buat semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu-satu, yang telah mengirimkan donasi hingga terkumpul sejumlah Rp 5.100.000,- dan Sabtu, 30 Januari 2010, Roos, Miaaa dan Echa dengan semangat 45 di bawah panas terik matahari belanja ke Pasar Asemka yang lokasinya berada di belakang Museum Mandiri Kota Tua.

Mungkin karena begitu semangatnya, kita tidak menunggu yang punya grosir untuk mengambilkan barang. Daftar belanja peralatan sekolah pun dibuka. Lewat pertimbangan harga, ketebalan, panjang, kualitas dll maka diputuskan untuk membeli:
- 10 pak buku tulis 56 hal
- 10 pak buku gambar
- 100 buah kotak pensil berwarna cerah khas anak-anak
- 100 buah penggaris 20cm (nanggung kan kalau 10cm hehe)
- 100 set pensil warna
- 1 gross pensil
- 1 gross bolpoint
- 3 pak penghapus
- 100 buah rautan pensil

Sungguh kebetulan, pemilik dan pegawai grosir tersebut juga orang Padang dan setelah tahu peralatan sekolah itu mau dikirim sebagai bantuan ke Padang ada beberapa item yang tidak dihitung dan dianggap bonus. Makasih uda!!

Proses belanja ini tidak berlangsung lama, kurang dari satu jam! Namun ternyata karena akhir pekan jatuh tepat di akhir bulan jalan-jalan di Kota Tua Jakarta sungguh luar biasa macet. Dengan susah payah Roos mendapatkan taksi, namun sepertinya si supir taksi kita ini tidak akan bisa memenangkan penghargaan supir taksi of the year menilik dari tingkat kecerewetan dan ketidak-taktis-an mencari jalur alternatif.

Bisa dibayangkan kami berempat, ada bu Wati teman kerja Roos yang ikut nemenin belanja, terjebak selama 3,5 jam di dalam taksi hanya di wilayah Kota Tua saja. Daripada marah-marah gak jelas, maka kita pun mengobrol seru sambil makan kacang rebus.

Kekhawatiran pun muncul karena mba Sanie B. Kuncoro, tamu di acara ngedimsum dan temu penulis di Dim Sum Festival Radio Dalam, datang tepat waktu pukul 18.00 di lokasi acara sementara para host acara masih terjebak di Kota Tua! Untungnya setelah memasuki wilayah Grogol, jalanan sangat lancar dan hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk sampai di Radio Dalam.

***

Lalu di hari Minggu, 31 Januari 2010, sekitar pukul 10 pagi temen-temen yang ikut acara di Bandung -Mute, Ayu, Buzenk- sampai. Mereka bertiga ini keren banget, setelah non-stop ngikutin acara di Bandung dari pagi, nonton midnite (ditemani empat pendekar Erie Afrit, Nenangs Patrick, Imam the Sunan, dan Luqman Matahati) tanpa tidur dilanjut pukul 06.30 pagi berangkat naik bus balik ke Jakarta dan langsung ke Radio Dalam! KEREN!!

Setelah sarapan pukul 11.00 pagi, Roos dan Miaaa harus kembali belanja buku -kali ini buku pelajaran sekolah- dan dilanjut ke pool Cipaganti di D'Brasco menjemput Lita yang membawa buku-buku sumbangan dari Bandung.

Lantas acara menyortir buku pun dimulai, langsung deh otomatis memilah-milah buku-buku sesuai kategori dan memasukkan ke kardus yang telah disiapkan untuk paket-paket ini. Peralatan sekolah juga disusun ulang ke kardus. Hasilnya enam (6) kardus pun siap untuk dikirim ke Padang.

Sekitar pukul 16.00 sore, Ari sang srikandi Goodreads Indonesia pun datang. Kenapa kedatangan Ari dielu-elukan? Karena tugas berikutnya sangat berat, membawa buku-buku ini ke jasa pengiriman paket di Tanah Abang. Setelah keenam kardus tersusun rapi di dalam mobil, Ari dan Miaaa berangkat ke Tanah Abang dan horeee sekitar pukul 17.30 sore paket bantuan buku dan peralatan sekolah dari Goodreads Indonesia terkirim ke Padang.

Terima kasih untuk teman-teman di Bandung (Felicia, Potluck, dll), Tiwik, MP Book Point, Windy Ariestanty dan Gita dari Gagas Media dan Bukune yang menyumbangkan dua kardus buku walau lewat pemberitahuan yang sangat mendadak (aku lupaaaa maaaf), terima kasih buat Anna yang membawakan kardus buku dari Bukune ke Radio Dalam. Thanks buat temen-temen Mute yang udah nyumbangin tas. Buat Mel dan Immi yang membantu Lita mengumpulkan buku-buku dari Potluck dan mengantar ke pool Cipaganti.

Terima kasih untuk para donatur yang telah mengirimkan donasi dan telah digunakan untuk membeli peralatan dan buku sekolah.

Makasih mba Nur yang mengambil foto kita rame-rame dan menolerir keributan yang kita sebabkan, juga untuk Palsay yang kehadirannya diwakili dua kotak JCo.

Untuk tim packing: Roos, Lita, Echa, Buzenk, Mute, Rhe, Ariyati, Ayu (yang bangun tidur pas kita selesai packing hahaha), dan Harun sang pangeran, terima kasih banyak untuk semangat kalian walau belum pada makan siang hehe Goodreads Indonesia memang keren!

Jakarta, 31 Januari 2010
22.15; Utan Kayu