11/04/13

Pernyataan Sikap Goodreads Indonesia atas Akuisisi Goodreads oleh Amazon


Salam hangat,

Beberapa pekan lalu dunia perbukuan digemparkan dengan berita akuisisi Goodreads oleh Amazon. Sebuah keputusan yang menuai gelombang kritik dan reaksi oleh banyak pihak, baik dari dalam maupun luar negeri. Mengetahui hal tersebut, Moderator dan Koordinator Goodreads Indonesia 2013 secara intensif terus berkomunikasi dan mencermati dampak akuisisi tersebut bagi pengguna situs Goodreads, khususnya bagi komunitas Goodreads Indonesia yang bergiat di dalamnya.

Setelah mengadakan rapat pada akhir pekan kemarin, kami menyepakati beberapa hal;

Kami menyayangkan akuisisi Goodreads oleh Amazon yang ternyata menimbulkan keresahan serta pertanyaan akan independensi Goodreads ke depannya. Bukan lagi rahasia umum, bahwa Amazon kerap kali melakukan penyuntingan resensi di situsnya yang ditengarai berdampak langsung terhadap pihak penerbit, penulis dan pembaca.

Namun kami tidak menampik bahwa dunia Social Media terus berkembang. Pada dasarnya akuisisi sebuah startup seperti Goodreads adalah suatu hal yang lumrah dan biasa terjadi. Maka kami berupaya untuk terus selaras dalam perkembangannya dengan terus mencermati dan mengawasi langkah-langkah yang diambil oleh tim penggerak Goodreads di kemudian hari.

Kami berharap setelah akuisisi tersebut, Goodreads akan tetap menjadi tempat yang nyaman dan independen bagi para pembaca di seluruh dunia.

Sehubungan dengan akuisisi tersebut, kami menyatakan bahwa Goodreads Indonesia akan terus menjalankan visi & misinya, yaitu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia.

Kami adalah komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dengan berbagai kegiatan baik di dunia maya (termasuk situs goodreads.com) maupun dunia nyata. Bahkan sampai dengan hari ini, anggota Goodreads Indonesia di berbagai akun social media yang kami kelola terus bertambah. Atas dasar itu lah, kami percaya bahwa keputusan kami untuk terus hadir dan berkembang adalah benar. Walaupun begitu, kami menghormati keputusan teman-teman yang telah menghapus akun Goodreadsnya. Kami berharap agar jalinan persahabatan yang telah ada tidak terputus hanya sampai disini, serta kita semua masih dapat meneruskan kerja sama, bahu membahu dalam mengusahakan yang terbaik untuk dunia literasi Indonesia. Bersama, kita jadikan budaya baca sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia.

Demikian pernyataan kami terkait akuisisi Amazon atas Goodreads. Mari terus berjuang untuk dunia baca yang lebih seru!

Jakarta, April 2013

Moderator & Koordinator GRI 2013

Tidak ada komentar :