05/10/09

Liputan Annida untuk acara 'Mencari Bintangmu di Langit'

Senin, 31 Agustus 2009
Mencari Bintang dalam Nuansa “Bubar-an” Goodreads Indonesia

Annida-Online-Banyak cara menghabiskan waktu ngabuburit alias menunggu maghrib untuk buka puasa, bukan sekadar nguber beurit (baca: tikus). Acara buka puasa bareng alias "bubar"an yang dipadu dengan nonton bareng seperti yang telah diselenggarakan oleh komunitas Goodreads Indonesia (GRI) di Jakarta pada Ahad (30/8) lalu, bisa jadi alternatif acara yang sarat manfaat. Dalam acara kali ini, GRI bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Bisa tebak dong film yang ditontonnya? Yups, emang nggak jauh-jauh dari bintang, alias film Bintang-Bintang.

"Acara ini sebenarnya bukan cuma acara buka bareng anggota GRI atau sekadar nonton bareng. Lebih dari itu, dengan film yang menyoal tentang bintang, planet, komet, dan benda-benda langit lainnya sepertinya kita juga tengah mengurut dan merenungi Allah lewat ciptaan-Nya yang agung, sehingga momen refleksi di bulan suci ini juga jadi kian pas dan bermakna dalam," jelas Amang Suramang, coordinator komunitas GRI.

Dalam kesempatan tersebut, GRI juga mengundang Gunawan Admiranto, seorang penulis buku astronomi untuk membahas serba-serbi dunia bintang dan stronomi yang nggak diketahui oleh kebanyakan orang. Ternyata, ada banyak fakta tentang alam semesta ini bila dilihat dari dunia perbintangan.

"Bintang juga bisa menjelaskan sebuah daur kehidupan, takdir, bahkan kematian. Artinya, dunia bintang itu bukan dunia mistik penuh misteri, tapi dunia yang justru luas. Yang semakin dalam kita memahaminya akan semakin bertambah keimanan dan kebersyukuran kita pada Allah, sesungguhnya," jelas Gunawan Admiranto.

Acara yang juga dihadiri oleh Marianna dari Surya Institute dan Avivah Yamani dari komunitas Langit Selatan ditutup dengan buka bersama. Saking serunya diskusi ini, semua anggota sepakat bahwa acara tersebut nggak bikin mereka bete nunggu waktu berbuka puasa! [nyimas]


Sumber: http://annida-online.com/berita.php?id=332

Tidak ada komentar :