30/11/10

Jadwal Talkshow dan Peluncuran Buku di Tenda Besar

1. Ngobrol pagi “Publish Your Dream!” bareng Brillian Yotenega (Nulisbuku.com). Pukul 10.30 – 11.00 wib
2. Obrolan Buku “The Vampire Diaries” karya L J Smith yang diterbitkan oleh ATRIA, dengan pembicara: Anya Rompas. Pukul 11.00 – 12.00 wib

SINOPSIS
Setelah terkubur berabad-abad, dendam di antara vampir bersaudara itu kembali tersulut. Elena tertarik dan terjebak dalam pesona misterius mereka. Tidak jarang, kisah cinta segitiga mereka harus menyerempet maut. Tapi, siapakah yang dipilih Elena?
L. J. Smith telah menerbitkan lusinan buku anak dan remaja. The Vampire Diaries terbit pertama kali pada 1991 dan kini menjadi salah satu serial TV yang paling digemari di Amerika Serikat.

3. Obrolan Buku “Biru Indigo”  bersama Putra Perdana (penulis) dan Eka Nurul Kustia Otto. Pukul 12.00 – 13.00 wib
SINOPSIS
Tiga pribadi istimewa bertemu dalam sebuah tabrakan mobil. Elang, sang sopir taksi, melihat tubuh pemuda yang muncul tiba-tiba itu sebelum menghantam kaca mobilnya sebelum terlempar ke aspal. Amelia, sang penumpang, turun dari taksi dan menolong si pemuda. Sang pemuda yang tertabrak dan dipulihkan, Rikko, pun langsung bangun dan berlari, meskipun benaknya dipenuhi wajah perempuan yang menolongnya tadi.

Semenjak hari itu, hidup ketiganya tak sama lagi, peristiwa-peristiwa aneh dating silih berganti. Takdir pun kembali melintas dan mempertemukan mereka dalam situasi berbeda. Apakah mereka masih pribadi yang sama?
Dengan kecepatan maksimum, novel ini akan membuat andatak berkedip saat melaju menelusurijejak ketiganya dan menemukan intrik, pembunuhan, kelompok rahasia, dunia parallel, dan aksi-aksi seru yang mengancam nyawa.
4. Obrolan Buku “The Wizard of Oz” karya L. Frank Baum yang diterbitkan oleh ATRIA,  dengan pembicara: Wikan Satriani. Pukul 13.00 – 14.00 wib

SINOPSIS:
Angin puting beliung menerbangkan rumah Dorothy di padang rumput Kansas yang kelabu ke negeri antah berantah bernama Oz. Berbeda dengan keadaan di Kansas yang gersang, Oz sangat indah. Pepohonan hijau tumbuh subur, buah-buahan segar menerbitkan air liur. Walaupun begitu, bagi Dorothy tak ada tempat yang senyaman rumah. Maka, dia mencari jalan pulang.
Namun, kembali ke Kansas tidaklah semudah itu. Dia harus melewati padang pasir yang mengelilingi negeri Oz dan tidak bisa dilalui begitu saja. Dengan petunjuk dari Penyihir Utara yang baik hati, Dorothy pergi ke Kota Zamrud untuk menemui Penyihir Hebat Oz dan meminta bantuannya.
Di tengah jalan, Dorothy bertemu dengan Boneka Jerami yang menginginkan otak, Tin Woodman yang mendambakan hati, dan Singa Penakut yang mengharapkan keberanian. Bersama Toto si anjing kecil Dorothy, mereka bertualang ke istana Oz dan melawan Tukang Sihir dari Barat yang keji. 
5. Peluncuran buku “Fantasy Fiesta 2010: Antologi Cerita Fantasi Terbaik 2010” karya para penulis fantasi Indonesia, dengan pembicara: R.D. Villam (Penulis) dan Dian K. (Penulis). Pukul 14.00 – 15.00 wib
Tidak mudah memilih yang terbaik dari sekian banyak cerita menarik yang menjadi peserta Fantasy Fiesta 2010. Tetapi dengan segala pertimbangan masing-masing, ketiga juri (RD Villam – penulis buku Akkadia, Dian K – penulis Zauri: Legenda Sang Amigdalus, dan Bonmedo Tambunan – penulis Xar & Vichattan: Takhta Cahaya dan Xar & Vichattan: Prahara) telah menilai dan mengurutkan seluruh 74 cerita. Nilai-nilai tersebut digabungkan, sehingga akhirnya diperoleh 10 besar cerpen terbaik, sebagai berikut (sesuai urutan abjad):
  • Appolyon – karya George D. Farmer
  • Bocah Serigala dan Isyarat-Isyarat Api – karya Jaladara
  • Boxinite – karya Mailindra
  • Hujan – karya D. Catcher
  • I Wake for Thousand Years– karya Kuro M
  • Kota Para Penjarah – karya Luz Balthasaar
  • Moka si Mobil Jelaga– karya Yuniar K
  • Sang Pelukis – karya Fredrik Nael
  • Selera Ganesha– karya Dewi Putri Kirana
  • Speak of The Devil: The Bait – karya F.A. Purawan
Dari 10 cerpen tersebut, 3 cerpen pemenang Fantasy Fiesta 2010 adalah:
  • Pemenang ke-1: Selera Ganesha – karya Dewi Putri Kirana
  • Pemenang ke-2: Appolyon – karya George D. Farmer
  • Pemenang ke-3: Sang Pelukis – karya Fredrik Nael
6. Peluncuran buku “Orion Sakti” karya Lia Hapsari Handayani, Drg. Pukul 15.00 – 16.00 wib

7.  Ngobrol sore “Cerita seru di balik komik Kambing Jantan 2” bareng Raditya Dika (Penulis) dan Dio Rudiman (Komikus). Pukul 16.00 – 17.00 wib

2 komentar :

pinah mengatakan...

maaf, mengapa di tulisan ini saya tidak menemukan tanggal ya?

Goodreads Indonesia mengatakan...

@pinah: karena informasi kapan dan dimananya Festival Pembaca Indonesia 2010 sudah dijelaskan:

Minggu, 5 Desember 2010
di Plaza Area, GOR Soemantri Brojonegoro, Pasar Festival Kuningan, Jakarta
jam 10.00-18.00 wib