04/11/10

Festival Pembaca Indonesia 2010: Anugerah Pembaca Indonesia ke-1

Para pembaca,

Perkembangan dunia perbukuan di Indonesia terasa kian marak, terutama dalam 12 tahun terakhir. Tak bisa dipungkiri, reformasi memang kembali menumbuhkan gairah masyarakat Indonesia dalam sektor ini. Pertumbuhan ini ditandai dengan banyaknya penerbit buku yang bermunculan, yang bahkan bisa mengimbangi penerbit-penerbit yang sebelumnya mendominasi dunia perbukuan di Indonesia. Tidak itu saja, penulis-penulis baru tanpa sungkan menunjukkan karya mereka, seiring dengan penulis-penulis yang telah lebih dulu berkiprah, menandai periode baru di dunia ini.

Kegairahan ini tidak hanya dirasakan oleh penerbit dan penulis buku. Pembaca pun mulai mengambil peran dalam dunia perbukuan di Indonesia, melalui sikap kritis yang ditunjukkan terhadap buku-buku yang terbit dan beredar di negara ini. Seiring berjalannya waktu, sikap kritis yang keluar dari pembaca buku yang ada di Indonesia semakin berkualitas dan mendalam. Kritik-kritik yang ditujukan terhadap sebuah buku yang terbit tidak hanya melulu mengevaluasi cerita yang dimuat, tetapi juga melebar terhadap gambar sampul, pemilihan kata, kerapihan ejaan, dan bahkan ketepatan penerjemahan.

Menyikapi perilaku kritis yang ditunjukan pembaca buku di Indonesia, Goodreads Indonesia mengadakan ANUGERAH PEMBACA INDONESIA, penganugerahan kepada insan-insan yang memberi kontribusi dalam dunia perbukuan Indonesia, yang bertujuan mengakomodir sikap kritis pembaca, sekaligus memberikan posisi terhadap pembaca buku di Indonesia sebagai salah satu elemen yang perlu diperhitungkan dalam menentukan tren bacaan yang berkembang di Indonesia. Pemberian Anugerah Pembaca Indonesia merupakan satu rangkaian acara dalam Festival Pembaca Indonesia yang diadakan pada bulan Desember setiap tahunnya.

KRITERIA SELEKSI

Kriteria seleksi ANUGERAH PEMBACA INDONESIA 2010 adalah:

* Untuk karya fiksi dan nonfiksi

Karya fiksi dan nonfiksi yang diterbitkan dalam 1 tahun terakhir (2009 –2010), dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Karya yang masuk untuk diseleksi adalah yang terhitung sebagai karya yang paling banyak dibaca oleh anggota komunitas Goodreads Indonesia dalam periode yang telah disebutkan.

* Untuk karya puisi dan komik Indonesia:

Karya puisi dan komik Indonesia yang diterbitkan dalam 2 tahun terakhir (2008 –2010), dan ditulis dalam bahasa Indonesia. Karya yang masuk untuk diseleksi adalah yang terhitung sebagai karya yang paling banyak dibaca oleh anggota komunitas Goodreads Indonesia dalam periode yang telah disebutkan.

* Untuk Penulis:

Penulis adalah kelahiran Indonesia, atau warga negara Indonesia yang pernah menghasilkan karya fiksi atau nonfiksi yang diterbitkan dalam bahasa Indonesia, dari karya yang masuk dalam kategori karya fiksi dan nonfiksi terfavorit.

* Untuk desain sampul:

Desain sampul untuk karya fiksi, nonfiksi, puisi, dan komik yang terbit dalam satu tahun terakhir (Oktober 2009 – Oktober 2010) di Indonesia.

METODE PENJURIAN

Metode penjurian yang dipilih adalah melalui voting terhadap karya yang masuk dalam kategori seleksi. Proses voting akan berlangsung sejak 3-30 November 2010 secara online di situs resmi Festival Pembaca Indonesia 2010 (http://festivalpembacaindonesia.wordpres...).

Karya-karya yang dipilih diambil dari data yang ada dalam http://www.goodreads.com/group/bookshelf... dan forum Klub Buku Goodreads Indonesia (http://www.goodreads.com/topic/group_fol...), dan terhitung sebagai karya yang paling banyak dibaca oleh anggota Goodreads Indonesia.

PENGUMUMAN ANUGERAH

Anugerah Pembaca Indonesia akan diumumkan pada FESTIVAL PEMBACA INDONESIA 2010 yang dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Desember 2010, pukul 17.00 di Plaza Area GOR Soemantri Brojonegoro, Pasar Festival Kuningan Jakarta.


Jakarta, 1 November 2010

Lita Soerjadinata
Panitia Anugerah Pembaca Indonesia ke 1, 2010
FESTIVAL PEMBACA INDONESIA

Tidak ada komentar :