12/07/13

[Resensi Buku] Ken dan Kaskus; Cerita Sukses Di Usia Muda


“Saya percaya, intuisi kita akan memberi sinyal tentang apa yang harus kita perbuat. Sedari awal saya berinvestasi di Kaskus saya sudah meyakini intuisi sendiri.”

Kata-kata Ken di atas diambil dari Bab 7. Awal Yang Berat, hal. 201, Bab yang menceritakan perjuangan Kaskus sebagai situs online mengawali transisinya dari Seattle, Amerika ke Indonesia. Perjuangan bagaimana menghadapi Perang Cyber dan Peraturan Undang-undang baru mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Tapi dari situ membuktikan fanatisme dan  loyalitas kaskuser yang luar biasa.

Kaskus dibuat oleh Andrew Darwis pada tahun 1999,  secara tidak sengaja karena tugas kuliahnya di Seattle, yaitu membuat personal website. Tugas ini memberikan ide kepada Andrew untuk membuat situs forum yang bisa menampung isu, berita, diskusi dan hal apapun yang menarik tentang Indonesia. Dan akhirnya terciptalah Kaskus dari kata kasak-kusuk, situs yang dirancang sebagai ajang sharing antar mahasiswa di Indonesia yang ada di Seattle ini, dari 3 pengunjung menjadi 7, 10, 100 dan sekarang ratusan ribu orang dengan jutaaan postingan setiap harinya.

Lalu siapa Ken Dean Lawadinata? Ken adalah orang yang memboyong Kaskus ke Indonesia, lewat Ken lah Kaskus bisa menjadi besar seperti sekarang, apa spesialnya Ken sebagai CEO termuda di Indonesia? Well, tidak mudah mengembangkan bisnis yang tidak bisa dipegang alias bisnis yang tidak konkret, bisnis yang tidak ada barang yang disentuh, butuh keyakinan ekstra tinggi untuk bisa meyakinkan Orangtua yang kurang memahami bisnis online untuk memberikan pinjaman uang sebagai modal. Di sini kehebatan Ken teruji.

“Sepanjang Tahun 2007 saya berjuang untuk bisa meluluhkan hati Andrew dan meminta persetujuan Papi. Ini perjuangan super sulit! Yang satu sangat paham dunia online, yang lainnya sangat tidak nggak paham dunia online!” (Bab.6 Memiliki Kaskus, hal. 164)

Buku yang mengisahkan sepak terjang dua anak muda Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis, dibalik nama besar Kaskus, ini seru, enak dibaca dengan font tulisan yang nyaman, warna cover kuning cerah tipikal anak muda, serta gaya bercerita yang tidak menggurui dan asyik, mengajak anak muda untuk berani dan yakin menentukan apa yang menjadi mimpi dan cita-cita. Jangan takut memulai! ACT!

Sekali lagi, mengambil kata-kata Ken, “Sukses itu bahagia, kalo gak happy itu artinya kita belum sukses.” Selamat membaca!


Detil Buku
Judul: Ken & Kaskus; Cerita Sukses Di Usia Muda (A True Story of Ken Dean Lawadinata)
Penulis: Alberthiene Endah
ISBN :978-979-22-9288-6
Jumlah Halaman: 301 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tidak ada komentar :