09/10/08

Artikel 3/3: Profil Goodreads Indonesia di Kompas 5 Okt 08

Perburuan
Buku Langka, Buku Bekas, Buku Diskon
Sumber: http://cetak.kompas.com/read/xml/2008/10/05/0144431/buku.langka.buku.bekas.buku.diskon



Selain buku baru, buku-buku bekas juga menjadi incaran pencinta buku Goodreads Indonesia. Motivasi mereka biasanya karena ingin mendapat buku-buku lama yang langka.

Karena banyak yang hobi berburu buku bekas, komunitas Goodreads Indonesia membuat daftar tempat berburu buku bekas (juga baru) di Indonesia. Beberapa surga tempat mencari buku bekas adalah di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang.

”Rencananya kami akan pergi ke Malang untuk mencari buku bersama,” tutur Gieb. Selain mencari buku, anggota komunitas ini juga akan berwisata di kota yang sejuk itu. Di Malang, kios-kios buku bekas ini ada di Jalan Wilis yang sebelumnya berada di Jalan Majapahit.

Selain pergi ke kios buku bekas, sebagian anggota komunitas Goodreads Indonesia mencari buku-buku di tempat persewaan buku. Jika ada buku yang diincar, mereka lalu mengajukan diri untuk membeli buku tersebut. Kebanyakan buku-buku yang bisa didapat di tempat penyewaan buku ini adalah buku-buku cerita silat.

Diskon buku
Namanya juga pencinta buku, barang yang paling diincar untuk dibeli tentunya buku. Karena gemar membeli buku, komunitas semacam ini sering menjadi target penerbit untuk memasarkan buku-buku baru.

Penerbit besar seperti Kepustakaan Populer Gramedia sering menginformasikan buku baru terbitan mereka. Selain buku baru, Penerbit Serambi juga sering menginformasikan acara pesta diskon.

”Kami di sini bukan menjadi kaki tangan penerbit. Kami hanya menyebarkan informasi agar pencinta buku tahu ke mana harus mencari buku,” kata Amang.

Ajang diskon buku memang selalu ditunggu-tunggu para pencinta buku ini. Ninus (26), anggota Goodreads Indonesia, senang sekali bisa memborong buku pada acara pesta diskon.

Dengan uang Rp 100.000 ia bisa memborong tujuh novel tebal yang bagus-bagus. Saking tebalnya, kata Ninus, buku itu bisa buat ganjal meja makan di rumah. (IND)

2 komentar :

adevv mengatakan...

Berburu di Surabaya donk? :) Pusatnya di Jl. Semarang atau di pasar Praban. Kalau telaten, selain buku2 baru dg harga miring, juga bisa nemuin buku2 tua berbahasa Inggris yg kondisinya sudah agak rusak tapi tetap bermutu.

Buku Bekas mengatakan...

betul, buku bekas memang masih banyak dicari.