31/12/09

Catatan Akhir Tahun Goodreads Indonesia 2009

Catatan Akhir Tahun Goodreads Indonesia 2009:
Disatukan Oleh Buku, Bersama-sama Berbuat Untuk Buku
oleh Amang Suramang


TAHUN 2009 merupakan tahun kedua kiprah Goodreads Indonesia di dunia perbukuan. Kita telah melampaui target mencapai 1% atau sekitar 2.500 anggota dari total masyarakat Indonesia. Tepatnya per Desember 2009 ini jumlah anggota Goodreads Indonesia telah mencapai lebih dari 3.000 anggota. Para anggota ini terdiri dari pembaca, penulis, dan penerbit. Suatu hal yang patut dicatat juga bahwa di tahun 2009 ini, hubungan antara pembaca, penerbit, penulis menjadi lebih baik. Cirinya dapat ditemui dengan mudah: penulis bisa lebih mudah bertemu pembacanya (dan sebaliknya) dan para penerbit bisa berdialog langsung dengan para pembaca, entah untuk memperkenalkan suatu buku atau hanya sekedar mengobrol seputar dunia perbukuan.

Secara kronologis, dapat dibeberkan kepada kita semua, hal-hal apa saja yang sudah dilakukan Goodreads Indonesia selama tahun 2009 ini. Seluruh kegiatan ini mulanya diawali oleh karena kesukaan yang sama atas membaca buku dan mendorong tindakan kolektif untuk mewujudkan rasa suka itu.

1. Jelajah Rahasia Meede 2 - 25 Januari 2009
Sukses pelaksanaan di tahun 2008, membuat kegiatan ini diadopsi oleh penerbit Hikmah untuk diteruskan menjadi bagian dari kegiatan sosial mereka. Kali ini diikuti oleh 150 peserta.

2. Goodreads Indonesia Makassar (Kopdar 3) - 15 Februari 2009
Para pembaca di Makassar mulai berkumpul dan bergiat.

3. Tribut untuk Legenda yang Terlupakan - 25 Februari 2009
Apresiasi atas kerja keras para penulis senior Nh. Dini dan R.A. Kosasih. Acara ini sukses berkat bekerjasama dengan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Komik Indonesia, Gagas Media.

4. Goodreads Indonesia @ World Book Day 2009 – 23 April s/d 17 Mei 2009
Goodreads Indonesia terlibat dalam kegiatan book on the street hingga pameran komunitas dan mendapat sorotan khusus dari media atas kegiatan book swap-nya.

5. Peluncuran buku "Para Penggila Buku: 100 Catatan di Balik Buku" - 20 Mei 2009
Bekerjasama dengan iboekoe dan Kubugil, Goodreads Indonesia ikut merancang dan menyemarakkan acara ini dengan diskusi/bedah buku.

6. HUT 2 Tahun Goodreads Indonesia – Juli s/d September 2009
Masing-masing anggota GRI di di Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Cirebon mulai saling berkenalan dan merumuskan kebutuhan setiap kota.

7. Peluncuran buku "Live Through This” – 8 Agustus 2009
Bekerjasama dengan Redline Publishing menyusun acara dengan diskusi/bedah buku.

8. Mencari Bintangmu di Langit – 30 Agustus 2009
Bekerjasama dengan LAPAN dan penerbit Kanisius menggelar pemutaran film dan perbincangan buku "Menjelajah Tata Surya" karya Gunawan Admiranto. Dihadiri oleh 200 siswa Sekolah Menengah.

9. Karaoke Bareng 1 & 2 - 2009
Atas inisiatif Silvana, terbukti para pembaca bukan hanya aktif baca, tapi juga aktif bernyanyi.

10. Jelajah Giganto - 14 November 2009
Bekerjasama dengan BOS dan KEA/Penerbit Edelweis menjelajahi Pusat Primata Schmutzer Ragunan bersama penulis "Giganto" Koen Setyawan. Diikuti oleh 30 peserta.

11. Kampanye "Bangun Kembali dengan Buku" – Oktober-Desember 2009
Kegiatan amal untuk membantu para korban gempa di Sumatera dengan cara mengumpulkan buku, dana, dan peralatan sekolah dan dikirimkan untuk membantu Perpustakaan Daerah Padang dan SDN 18 Bungkus, Padang. Disokong oleh bantuan banyak pihak seperti Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, toko buku MP Bookpoint, Seven Heaven, Potluck, komunitas penulis Perkosakata, FixiMix, dan lain-lain.

12. Temu Akhir Tahun GRI Bandung - 26 Desember 2009
Para pembaca di Bandung berkumpul lagi dan melahirkan sejumlah usulan kegiatan selanjutnya.

Selain itu pada tahun 2009 ini, Goodreads Indonesia sudah berhasil merumuskan kebutuhan anggota, sehingga bisa menentukan secara bersama-sama mana kegiatan yang disepakati untuk dilanjutkan dan mana yang tidak lewat Survei Online Goodreads Indonesia dan pelaksanaan Musyawarah Akhir Tahun Goodreads Indonesia (MATA GRI) yang berhasil melakukan evaluasi, penetapan kegiatan di tahun 2010, hingga pemilihan moderator baru untuk tahun kerja 2010.

Dinamika di dalam Goodreads Indonesia sendiri naik dan turun selama tahun 2009 ini. Selain yang manis-manis, kita juga merasakan bahwa kualitas diskusi menurun meski banyak topik baru bermunculan namun umumnya topik-topik itu hanya bertahan sebentar, sebelum akhirnya berlanjut tidak serius. Pergesekan hubungan yang mengarah ke perseteruan, meski tidak terlihat sejelas tahun 2008 juga terjadi dengan menyisakan penyesalan yang mungkin sudah terlambat. Namun secara pasti, semua kejadian manis dan pahit ini akan memperkaya komunitas ini menjadi komunitas yang dewasa, selain sehat dan bermartabat.

Seiring banyaknya kegiatan yang dilakukan Goodreads Indonesia, masyarakat menjadi lebih apresiatif atas apa yang sudah dilakukan Goodreads Indonesia, yang memberi sinyalemen bahwa kegiatan Goodreads Indonesia tidak melulu eksklusif hanya bagi anggotanya, tetapi juga melebur dan bermakna bagi kehidupan masyarakat. Apresiasi masyarakat tampak pada pelbagai liputan Goodreads Indonesia yang muncul di berbagai media, mulai cetak, televisi, hingga online.

1. TVOne, 5 Januari 2009, program Halo Indonesia, berbicara tentang trend buku 2009

2. RRI Pro2 FM, Pro Resensi, 15 Februari 2009, wawancara langsung tentang Goodreads Indonesia dan minat baca di Indonesia

3. The Jakarta Post, 17 Mei 2009, mengulas tentang bookswap dan keterlibatan GRI di World Book Day 2009

4. Majalah Fit, Mei 2009

5. TVOne, Apakabar Indonesia, September 2009

6. RPKFM, Program You and The City, 31 Oktober 2009, wawancara tentang Goodreads Indonesia dan kampanye "Bangun Kembali dengan Buku"

7. RPKFM, Feature, 19 November 2009, wawancara tentang relawan buku.

8. Rakyat Merdeka Online, News, 28 Desember 2009, wawancara tentang pelarangan buku.


TANTANGAN MASA DEPAN

Tahapan konsolidasi Goodreads Indonesia sudah berjalan, Goodreads Indonesia akan melangkah ke tahapan selanjutnya yakni tahap sosialisasi. Di tahapan sosialisasi, diharapkan Goodreads Indonesia bisa lebih menyebarkan keaktifan membaca, keaktifan berbuat bersama-sama untuk buku, keaktifan berbuat amal yang sejalan dengan visi dan misi Goodreads Indonesia menjadi pembaca aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia.

Menjaga Goodreads Indonesia menjadi komunitas yang sehat, bermartabat dan dewasa adalah tantangan yang harus dijawab di masa depan, bukan saja oleh jajaran Moderator 2010 tetapi juga oleh seluruh anggota komunitas ini.

Atas nama moderator dan co-moderator 2009, serta mewakili jajaran moderator 2010, saya ucapkan "Selamat tahun baru 2010! Selamat membaca, selamat menjadi bagian dari para pembaca aktif yang akan mengubah wajah perbukuan di Indonesia."


Semarang-Jakarta, 27-31 Desember 2009

Tidak ada komentar :