28/12/09

Sosialisasi Hasil Musyawarah Akhir Tahun Goodreads Indonesia (MATA GRI) 2009

MUSYAWARAH AKHIR TAHUN GOODREADS INDONESIA (MATA GRI) 2009:
Upaya Meningkatkan Keterlibatan Komunitas



LATAR BELAKANG

Terhitung sejak 7 Juni 2007, kita telah bersama-sama menjadi bagian dari komunitas pembaca aktif, Goodreads Indonesia. Komunitas ini telah berkembang pesat hingga memiliki 3.000 anggota (per Desember 2009) dan bersama-sama kita telah melakukan banyak kegiatan berarti baik bagi kepentingan komunitas maupun bagi dunia perbukuan di Indonesia. Tapi tentu saja, tak ada gading yang tak retak. Bagaimanapun juga, selain hal-hal yang positif, ada cukup banyak hal yang menjadi kekurangan dari komunitas ini.

Oleh karena itu pada bulan Juli 2009 di usianya yang kedua, komunitas ini menggelar Kopi Darat Serentak Goodreads Indonesia di kota Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon, dan Semarang. Salah satu pokok acara Kopdar adalah penyampaian keinginan dan masukan baik berupa kritik maupun usulan bagi perkembangan komunitas ini.

Selain itu, untuk mendapatkan pemetaan kebutuhan yang mewakili mayoritas anggota Goodreads Indonesia diadakan Survei Online Goodreads Indonesia 2009 yang digelar sejak Juli 2009 dan ditutup pada Desember 2009. Survei ini diikuti oleh 501 responden yang artinya mewakili 16,7% dari total komunitas per Desember 2009.

-------XUnduh hasil Survei Online di siniX----------

Hasil-hasil dari kegiatan Kopdar Serentak dan Survei Online GRI 2009 ini ada begitu banyak. Dan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, hasil-hasil ini merupakan amanat dari anggota yang perlu segera dirumuskan dalam bentuk tindakan nyata.

Untuk dapat merumuskannya, maka untuk pertama kalinya diadakan Musyawarah Akhir Tahun Goodreads Indonesia (MATA GRI) pada hari Minggu, 20 Desember 2009 mulai jam 11.00 - 19.00 WIB di Jakarta.

Maksud penyelenggaran MATA GRI ini adalah:
* Melibatkan lebih banyak partisipasi komunitas dalam merumuskan kegiatannya sendiri.
* Melakukan kritik dan otokritik atas kegiatan yang dilakukan oleh komunitas.
* Meninggalkan pola pelaksanaan kegiatan lama yang cenderung impulsif dan kurang terencana dengan baik.

Tujuan MATA GRI ini adalah:
Memusyawarahkan apa yang sebaiknya dilakukan GRI sebagai komunitas pembaca aktif di tahun 2010 secara internal dan eksternal di media maya maupun kehidupan nyata.

Agar terlaksana dengan lancar, MATA GRI menyampaikan 30 undangan tertutup kepada para moderator, sejumlah relawan yang selama ini aktif dalam kegiatan GRI, dan perwakilan dari teman-teman GRI di kota Bandung, Bogor, dan Yogya.

Dari 30 undangan, 2 orang moderator, 6 relawan, dan 3 perwakilan kota tidak hadir, sehingga Musyawarah Akhir Tahun Goodreads Indonesia ini diikuti oleh 19 orang. Ke-19 orang itu adalah:
1. Amang Suramang (moderator)
2. Ronny Agustinus (moderator)
3. Nanto Sriyanto (moderator)
4. Roos Wijayanti (moderator)
5. Ninus Ardi (moderator)
6. Lita Soerjadinata (moderator)
7. Sylvia (moderator)
8. Aldo Zirsov
9. Ariyati Lestari
10. Sukma "Echa" Rezany
11. Rahmad Harun
12. Vera Damiri
13. Indri Juwono
14. Palupi "Palsay" Saesti
15. Wirotomo
16. Mia Fiona
17. Panda Surya
18. Truly Rudiono
19. Rhe


PROSES MUSYAWARAH

Di awal proses musyawarah, para moderator yang selama ini menjabat dinyatakan "demisioner" (tidak bertugas lagi) agar semua peserta musyawarah memilih hak dan kewajiban yang sama.

Karena begitu banyaknya pokok bahasan yang harus dirumuskan, maka para peserta dibagi dalam 3 kelompok pembahas, yakni:

Kelompok I
Tugas: Membahas Evaluasi Kegiatan dan Dinamika GRI 2009
Anggota: Ronny Agustinus, Nanto Sriyanto, Aldo Zirsov, Indri Juwono, Panda Surya, Rhe

Kelompok II
Tugas: Membahas Penyusunan Agenda Kegiatan GRI 2010
Anggota: Lita Soerjadinata, Mia Fiona, Sukma "Echa" Rezany, Rahmad Harun, Palupi "Palsay" Saesti, Ariyati Lestari

Kelompok III
Tugas: Membahas Moderasi & Keanggotaan GRI
Anggota: Roos WIjayanti, Sylvia, Ninus Ardi, Vera Damiri, Truly Rudiono, Wirotomo

Masing-masing kelompok terlibat dalam diskusi hangat untuk membicarakan sejumlah pokok bahasan selama 3 jam dan diminta menyampaikan pandangannya dalam panel. Pada saat panel, juru bicara kelompok menyampaikan hasil diskusi mereka kepada forum musyawarah.

Kelompok I menekankan pentingnya revitalisasi aktivitas online Goodreads Indonesia. Kegiatan online merupakan kegiatan pokok yang perlu mendapat perhatian serius karena dari kegiatan online ini, semangat komunitas pembaca aktif ini berawal. Revitalisasi ini dirumuskan dalam bentuk peninjauan kembali atas folder-folder yang ada, topik-topik yang berkembang, dan aktivitasnya.

-------XUnduh hasil lengkap Kelompok I di siniX-------

Kelompok II melakukan pemilihan apa saja kegiatan offline yang penting dilakukan komunitas di tahun 2010 dan menetapkan bahwa pada tahun 2010 harus ada satu kegiatan puncak Goodreads Indonesia. Kegiatan yang terpilih adalah kegiatan Klub Buku yang akan diadakan setiap bulan, lebih banyak kegiatan Jelajah Buku, menghidupkan kegiatan Sobat Perpus, melakukan amal/donasi, hingga melanjutkan upaya penerbitan Newsletter. Sebagai puncaknya, untuk pertama kalinya Goodreads Indonesia akan mengadakan Festival Pembaca Indonesia yang merupakan perayaan para pembaca yang terkait dengan kegiatan membaca buku.

-------XUnduh hasil lengkap Kelompok II di siniX-------

Kelompok III mendapatkan tugas untuk merumuskan kriteria moderator dan mekanisme pemilihan moderator Goodreads Indonesia untuk tahun 2010. Selain itu, melakukan mekanisme pembenahan keanggotaan Goodreads Indonesia dengan menerbitkan kartu anggota dan sejumlah topik berkaitan Toko Swap GRI, Anugrah GRI, dll.

-------XUnduh hasil lengkap Kelompok III di siniX-------


REKOMENDASI MATA GRI

Pada bagian Pembahasan dan perumusan hasil Musyawarah yang berlangsung selama 3 jam, dirumuskan sejumlah rekomendasi untuk tahun 2010, yakni:

Moderator 2010
Terpilih moderator baru lewat hasil Musyawarah Akhir Tahun Goodreads Indonesia: Amang Suramang, Aldo Zirsov, Roos Wijayanti, Mia Fiona, Lita Soerjadinata, Rahmad Harun, Sukma "Echa" Rezany, Wirotomo, dan Ronny Agustinus.

Namun belakangan, Ronny Agustinus menyatakan keberatannya untuk dipilih kembali, sehingga Moderator GRI tahun 2010 hanya berjumlah 8 orang.

Kegiatan Online
Revitalisasi folder dan topik-topik yang ada agar aktivitas online Goodreads Indonesia lebih hidup lagi.

Kegiatan Offline
Pengagendaan yang jelas kegiatan offline Goodreads Indonesia sehingga bisa dipersiapkan lebih matang dan punya dampak yang lebih luas lagi. Sebagai puncak kegiatan, di akhir tahun Goodreads Indonesia akan mengadakan Festival Pembaca Indonesia.



Jakarta, 23 Desember 2009

Rumusan Musyawarah Akhir Tahun Goodreads Indonesia ini telah disepakati oleh:

Amang Suramang, Ronny Agustinus, Nanto Sriyanto, Roos Wijayanti, Ninus Ardi, Lita Soerjadinata, Sylvia, Aldo Zirsov, Ariyati Lestari, Sukma "Echa" Rezany, Rahmad Harun, Vera Damiri, Indri Juwono, Palupi "Palsay" Saesti, Wirotomo, Mia Fiona, Panda Surya, Truly Rudiono, Rhe

Tidak ada komentar :